Tips Bagaimana Cara Install Windows 8.1 64-bit Pada Asus X453SA

Tips Bagaimana Cara install Windows 8.1 64-bit Pada Asus X453SA

Laptop Asus X453SA memiliki OS Original yaitu Windows 10 64-bit, banyak yang bertanya bagaimana cara Downgarde Laptop Asus X453SA oleh karena itu saya melakukan percobaan pada Laptop saya sendiri yang juga Asus X453SA saya mencoba Downgrade ke Windows 7 Unlimate menggunakan Bootable Flashdisk dan menggunakan Fufus untuk membuatnya, ternyata hal hasil gagal mengalami permasalahan seperti gambar di bawah ini.
Seperti gambar di samping kiri apa kalian juga pernah bermasalah sperti ini pada saat menginstall Windows 7 Unlimite?. Saya tidak menyerah saya menggunakan DVD Windows 7 dari teman dan berhasil melewati permasalahan itu dan memasuki tahap pemilihan Hardisk yang mana yang ingin di instal Windows 7 Unlimate pada saat saya ingin menginstal di partisi saya mengahdapi masalah kembali seperti gambar di bawah ini.
GPT Hardisk adalah kendala dari permasalahan gambar di atas untuk mengatsi masalah ini saya perlu merubah tipe Hardisk saya dari GPT ke MBR. Untuk menginstal windows 7 harus menggunakan hardisk bertipe MBR untuk merubah tipe ini memiliki 2 cara yaitu:
  • Dengan memformat semua data dan menjadikan 1 partisi, itu cara termudah untuk merubah tipe Hardisk GPT ke MBR.
  • Cara ini memang sedikit ribet tapi tidak perlu menghapus data kalian cukup menghapus partisi penginstalan Windows, Partisi Recovery, Partisi System pada hardisk menggunakan Partition Wizard.
Dan saya berhasil menginstall Windows 7 Unlimate di Laptop Asus X453SA dan di situ saya mengalami masalah USB Port saya menyambungkan Mouse pada Laptop saya tidak bisa, saya coba menyambungkan Android saya seperti biasa pada saat saya menggunakan Windows 10, Percuma tidak bisa juga, saya menggunakan Driver Pack Solution Offline terdapat Driver yang belum di install saya pilih install semua setelah selesai di install cuman port 2.0 yang berhasil di temuakan dan di install sedangkan USB 3.0 tidak berfungsi sama sekali saya mencari di Google dan haslinya nihil terlalu banyak Driver yang tidak berfungsi yang saya download dan pada akhirnya saya menyerah menggunakan Windows 7 Unlimate pada Laptop Asus X453SA.
Saya mencoba menggunakan Windows 8.1 pada Asus X453SA ini dan hasilnya work dan saya mengalami sedikit permasalahan pada pencarian Driver tapi kalian tidak perlu khawatir karena Driver-driver saya akan siapkan pada Artikel ini, sesuai judul cara install Windows 8.1 64-bit pada Asus X453SA. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Siapkan Flashdisk minimal 4 Gb/DVD Windows 8.1 pastikan Windows 8.1 64-bit
  • Rufus untuk pengguna Flashdisk
  • Windows 8.1 di sini 
  • Hardisk dalam Format GPT
  • Buat Bootable melalui Rufus

Khusus Pengguna DVD tidak perlu Rufus silahkan buka DVD masukkan kaset Windows 8.1 lakukan penginstalan sepeti biasa.
Sambungkan Flashdisk yang sudah berisi Windows 8.1 dan Laptop akan masuk ke tahap penginstallan selesaikan tahap penginstalan tunggu hingga selesai dan jika sudah selesai Laptop kalian akan Restart hingga 2 kali jika sudah silahkan cabut Flashdisk dan Laptop akan masuk pada awal setelan Windows, selesaikan tahap awal jika sudah selesai waktunya penginstalan Driver.

  Driver Asus X453SA Windows 8.1 64-bit 

Pastikan yang paling peting adalah 2 Driver ini kenapa? karena yang lain bisa kalian cari menggunakan Driver Pack Solution Online asalkan ada wifi cara ini untuk mengetahui Driver apa saja yang kurang.

Itu dia cara install Windows 8.1 64-bit pada Laptop Asus X453SA hingga saat ini saya masih menggunakan Windows 8.1 ini di karenakan bebas dari sempitnya RAM yang di karenakan Windows 10 sering Update.  


Comments